Mencegah Siswa Terlalu Cepat Mengklik Submit and Finish

Beberapa kali saya melihat pertanyaan seperti ini di grup. Misalkan waktu ujian 120 menit. “Bagaimana cara setting Moodle agar siswa tidak bisa mengklik Submit and Finish kecuali telah mengerjakan Quiz selama 100 menit?”
Justru yang menjadi pertanyaan, mengapa ingin dibuat peraturan seperti di atas? Kalau mémang dasarnya si siswa “malas”, maka selama 100 menit pertama bisa saja si siswa itu bengong, tiduran, atau malah bercanda dengan teman, sambil menunggu tombol “Submit and Finish” bisa diklik.
Menurut saya, solusi agar siswa lebih sérius mengerjakan Quiz bukanlah seperti itu. Tapi:
  1. Pada Quiz ke 1: Tentukan Grade to pass = Nilai terendah yang harus diraih siswa. Siswa boléh berulang-ulang mengerjakan Quiz selama belum mendapat nilai minimal yang ditentukan.
  2. Pada Quiz ke 2: Tentukan Access restrictions, bahwa siswa bisa mengerjakan Quiz ke 2 bila Quiz ke 1 telah memenuhi nilai terendah.
Dengan cara di atas, maka siswa dipaksa untuk serius mengerjakan semua Quiz. Bila menjawab asal-asalan, maka dia akan terus mentok di Quiz ke 1 sementara kawan-kawannya yang lain telah sampai Quiz 4 atau bahkan Quiz 10.
Bila ingin lebih sérius lagi:
  1. Siapkan sebanyak mungkin soal di Question Bank.
  2. Misalkan ada 200 soal di Question Bank, maka munculkan 50 soal secara random untuk setiap Attempt.
  3. Soal dimunculkan secara Sequential, jangan Free.
  4. Jangan tunjukkan jawaban yang benar dan yang salah.

Dengan cara ini, siswa tidak bisa mencoba-coba menjawab A, kemudian nanti di Attempt berikutnya menjawab B, sampai ketahuan kunci jawabannya.

Web Hosting

Leave a Reply