Trik Jitu Mendapat VPS dan Plesk seharga 5 Dolar Per Bulan

Bagi saya pribadi, web hosting control panel terbaik sampai detik ini adalah Plesk. Plesk mampu mengalahkan cPanel dalam beberapa hal. Misalkan saja dalam hal pilihan web server. Plesk mendukung Apache maupun Nginx, sedangkan cPanel hanya mendukung Apache. Plesk juga mampu membuat backup di Google Drive dan Dropbox dengan lancar. Tak heran, lebih dari 50% dari 100 penyedia layanan teratas di seluruh dunia menggunakan Plesk.

Satu hal sepele tapi cukup mengganggu pada cPanel adalah kita dipaksa membuat sub domain pada domain utama setiap kali menambahkan domain (addon domain). Bukan masalah serius sih, hanya saja kurang indah. Misalkan saja domain utama adalah example.com. Bila kemudian kita menambahkan domain lain misalkan contoh.com, maka akan dibuat juga subdomain contoh.example.com.

Itu sebabnya saya menyukai Plesk. Sayangnya, tarif Plesk cukup mahal. Plesk Obsidian Web Admin Edition dibandrol USD 11 perbulan atau sekitar Rp 156.000/bulan. Memang lebih murah dari pada cPanel Solo yang dihargai USD 15 perbulan.

Mayoritas perusahaan web hosting Indonesia biasanya hanya menyediakan cPanel. Cuma sedikit yang menyediakan Plesk. Satu di antara yang sedikit ini adalah idCloudhost. Cukup bermodal Rp 30.000/bulan anda sudah bisa menyewa shared web hosting dengan web hosting control panel Plesk dan menaruh 2 nama domain.

Bila anda ingin membangun blog pribadi yang pengunjungnya tidak banyak, maka yang paling hemat adalah memilih web hosting, dan biasanya anda akan diberi cPanel. Tapi bila anda ingin membangun web yang pengunjungnya banyak, misalkan LMS untuk ujian semester, maka anda harus memilih VPS kemudian di VPS tersebut dipasang web server Nginx dan PHP. Masalahnya, menyewa VPS kosong (hanya berisi Sistem Operasi) kemudian memasang Nginx, PHP, mail server, dan sebagainya, bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh pengetahuan yang lumayan tinggi tentang administrasi server. Yang paling mudah adalah memakai web hosting control panel.

Ada beberapa web hosting control panel gratis, misalkan saja VestaCP, Webuzo, ISPConfig, dan Webmin. Tapi yang namanya gratis, tentu jangan terlalu diharapkan. Bila kita ingin mendapat sesuatu yang nyaman, bagus, dan dikerjakan oleh para tenaga ahli yang dibayar khusus untuk mengurusi produk secara total, maka sebaiknya kita memilih yang berbayar.

VPS + PLESK = 5 DOLAR / BULAN

Kembali ke judul.
Bila tarif Plesk adalah 11 dolar perbulan, dan VPS juga tidak gratis, masa sih ada VPS + Plesk yang tarifnya justru hanya 5 dolar perbulan atau sekitar Rp 72.000/bulan?

Jawabannya: Ada!

Caranya?

  1. Mendaftarlah ke Digital Ocean. Gunakan link ini agar anda mendapat $100 gratis.
  2. Klik menu: Create > Droplets.
  3. Pada menu Choose an image, pilih Market Place, kemudian pilih Plesk 18.0 on Ubuntu 20.04
  4. Pada menu Choose a plan, pilih Regular intel with SSD $5/mo. Paket ini memberi kita 1 CPU, RAM 1 GB, dan disk SSD 25 GB.
  5. Pada Authentication, sangat disarankan agar anda memakai SSH keys. Tapi bila belum membuat, bisa memilih Password. Gunakan password yang panjang dan rumit agar tidak mudah ditebak peretas.
  6. Untuk datacenter, sebaiknya pilih Singapore.
  7. Klik Create Droplet.

Tunggu beberapa saat.

Setelah selesai, anda diberi tautan khusus untuk membuat username dan password.

Selesai.
Anda kini mempunyai 1 VPS seharga USD 5/bulan yang telah dilengkapi Plesk. Pada paket ini, anda hanya bisa menambahkan 3 domain.

Masuk Client Area dari penyedia nama domain (misalkan Exabytes), kemudian ubah NS (Name Server) menjadi:
ns1.digitalocean.com
ns2.digitalocean.com
ns3.digitalocean.com

Tidak perlu pusing memasang LetsEncrypt. Pada menu SSL/TLS Certificates, aktifkan pilihan Keep websites secured. Maka Plesk akan mengurusi hal ini.

Yang mengagumkan adalah Plesk juga mensetting SPF dan DKIM sehingga email yang dikirim dari domain ini tidak ditandai spam oleh Google dan Yahoo. Bila kita mensetting VPS sendiri dari nol (tanpa bantuan web hosting control panel), maka kita harus memasang SPF dan DKIM secara manual. Ini sangat melelahkan. Sayangnya, untuk akun baru, Digital Ocean memblok port 25 sehingga mungkin anda tidak bisa mengirim email.

Selain Digital Ocean, Vultr juga menyediakan Plesk di menu Marketplace Apps. Klik tautan ini agar anda mendapat $100 gratis.

MENGGUNAKAN PHP 8.0

Defaultnya, PHP yang terpasang adalah versi 7.4.
Namun kita bisa mengubah menjadi versi 8. Caranya:

Masuk ke Command Line SSH kemudian ketik:

Semoga bermanfaat.

Catatan:
Semua tarif mengacu ketika artikel ini dibuat. Di masa datang mungkin tarifnya berubah.

Web Hosting

Leave a Reply