App Inventor: Cara Mudah Belajar Pemrograman Android

Bagi kebanyakan orang, membuat aplikasi Android masih menjadi misteri. Ada yang membisiki, “Gunakan Netbeans, Eclipse atau Android Studio.” Setelah dicoba, yang didapat adalah pusing 7 keliling, dilanjut trauma, dan diakhiri kapok. Namun sekarang kengerian itu bisa dihapus dan menjadi kenangan masa lalu, sebab sudah ada situs web yang bisa membantu programmer pemula membuat aplikasi Android dalam waktu hanya 5 menit. Tidak ada yang perlu di-install di laptop. Cukup gunakan peramban seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Tentu saja harus ada aksés internét karena kita harus membuka situs web http://ai2.appinventor.mit.edu

Namanya adalah App Inventor 2, buatan universitas MIT, Amérika Serikat. Saking mudahnya, bahkan bisa diajarkan ke siswa SMP untuk melatih logika pemrograman. Siswa tidak perlu menghafal sintaks. Semua sudah seperti mainan Légo. Cukup dirakit dengan cara drag and drop.

Yang harus disediakan:

  1. Laptop bersistem operasi apa saja (Windows, Mac OS, atau Linux).
  2. Peramban misalnya Google Chrome.
  3. Aksés internét.
  4. Akun Google (orang awam menyebutnya Gmail).
  5. Ponsél bersistem operasi Android. Yang ini tidak wajib ada, tapi sangat disarankan mengingat menjalankan aplikasi menggunakan émulator justru lebih ribet.

Oké, bila kebutuhan di atas telah tersedia, mari lakukan langkah singkat berikut ini:

  1. Dengan menggunakan laptop. bukalah alamat web http://ai2.appinventor.mit.edu. Ikuti petunjuk yang muncul.
  2. Buatlah Project baru. Kemudian rancang tampilannya. Tersedia Button, CheckBox, TextBox, dan sebagainya. Ini disebut mode Designer.
  3. Masuk ke mode Blocks (tombolnya ada di kanan atas). Di sini kita memprogram, apa yang seharusnya dilakukan bila Button diklik. Juga ada blok IF THEN ELSE. Tapi jangan takut, semuanya drag and drop!
  4. Di HP Android, pasang aplikasi “MIT AI2 Companion” buatan MIT Center for Mobile Learning.
  5. Kembali lagi ke laptop. Klik: Connect > AI Companion. Akan muncul QR Code.
  6. Dengan menggunakan aplikasi MIT AI2 Companion yang telah terpasang di HP, pindai QR Code tersebut.
  7. Jréng-jréng… Aplikasi buatan anda muncul di HP. Kerén kan?

Selamat mencoba.

Web Hosting

Leave a Reply