Mawan’s Moodle Quiz Password Changer

Apakah bapak/ibu memakai Moodle sebagai LMS di sekolahnya? Apakah bapak/ibu ingin agar Quiz yang sedang aktif dibuka (sedang dikerjakan siswa), otomatis dipasangi password dan secara berkala (misalkan tiap 5 menit sekali) password tersebut diubah oleh server?

Password yang berubah-ubah bisa mempersulit joki di luar ruang ujian untuk ikut mengerjakan soal. Password terbaru bisa diketahui oleh pengawas ujian dari aplikasi Android yang terpasang di ponselnya.

Tidak ada akses internet? Tidak masalah. Aplikasi ini 100% tidak memerlukan koneksi internet. Dengan demikian, aplikasi ini bisa dipasang di LAN kemudian siswa mengerjakan dari dalam kelas / laboratorium komputer.

HP guru / pengawas ujian pun bisa tetap memunculkan password terbaru, walau pun tidak ada sinyal wifi atau tidak ada paket data. Cocok dipakai oleh sekolah yang belum terjangkau internet atau koneksi internetnya tidak lancar.

Cara kerjanya mirip seperti aplikasi UNBK. Bedanya, token tidak muncul di komputer server, tapi di HP para pengawas ujian. Juga tidak memerlukan koneksi internet.

Password dihasilkan dari prosés matématis yang rumit, dan proses pembuatan hash-nya telah dipakai oléh sistem keamanan Dunia sehingga sangat sulit ditebak.

Bila dikombinasikan dengan Safe Exam Browser, maka keamanannya bisa sekuat aplikasi UNBK dan tentunya lebih mudah digunakan karena password (token) tidak dikirim dari server pusat di Jakarta, tapi bisa langsung dihitung kemudian ditampilkan di ponsel pengawas ujian.

Telah dicoba dan bisa berjalan dengan baik pada Linux Ubuntu 20.04. Juga telah digunakan oleh suatu SMA Negeri di Tangerang untuk kegiatan USP (Ujian Satuan Pendidikan) kelas XII.

Menarik kan?

Cara instalasi.

  1. Pastikan yang terpasang di server adalah:
    1. Linux x86_64 (64-bit).
    2. MySQL / MariaDB.
  2. Unduh aplikasi MMQPC for Linux 64-bit dari website ini. Karena aplikasi ini ditulis dalam bahasa C yang kemudian dicompile menjadi bahasa mesin, maka hasilnya adalah suatu program komputer yang tidak membutuhkan PHP dan bisa berjalan beberapa kali lebih cepat dari pada aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP, termasuk PHP 8.2.
  3. Simpan di folder tertentu yang tidak bisa diakses dari web, misalkan disimpan di folder /home/admin atau di folder /usr/bin.
  4. Di folder yang sama (misalkan di /home/admin atau di /usr/bin) buat file teks bernama mmqpc.cfg dengan isi:
    config = /path/ke/moodle/config.php
    salt = kata-rahasia
    duration = 5
  5. Buat agar file mmqpc bisa dijalankan / dieksekusi. Caranya, ketik: chmod +x mmqpc
  6. Jalankan aplikasi ini setiap 1 menit sekali dari cronjob, misalkan dengan perintah * * * * * /home/admin/mmqpc >/dev/null 2>&1
  7. Unduh aplikasi Android Mawan’s Moodle Quiz Password Changer dari Google Play, kemudian pasang di setiap ponsel bapak/ibu pengawas.
  8. Pada aplikasi MMQPC for Android, klik menu “Settings” (ada di kanan atas).
  9. Ketik Salt yang telah ditentukan di server Moodle, misalkan: kata-rahasia.
  10. Ketik juga Interval (Duration).
  11. INGAT: Salt dan Interval / Duration di server harus persis sama dengan yang ada di aplikasi Android. Bila berbeda, maka password quiz yang dihasilkan juga berbeda. Karena itulah, password di sekolah A bisa berbeda dengan password di sekolah B. Bila admin menduga, ada siswa yang mengunduh aplikasi Android dan mendapat bocoran Salt, admin tinggal mengganti Salt kemudian informasikan ke setiap guru/pengawas ujian.
  12. Buat sebuah Quiz.
  13. Pada Quiz settings, tentukan Timing Open the quiz dan Close the quiz.
  14. Quiz Password kosongkan saja. Aplikasi MMQPC hanya akan mengganti Quiz Password yang masih kosong atau diisi 6 digit angka. Bila password diisi suatu teks yang mengandung huruf, maka password tidak akan diganti.

Selesai. Mudah kan?

Catatan:
Versi Trial hanya bisa mengubah 1 Quiz. Artinya, bila ada 2 quiz yang sedang berlangsung bersamaan, maka hanya satu yang diubah.
Durasi / interval versi trial tidak bisa diubah. Yaitu hanya bisa 5 menit.

Bila bapak/ibu ingin agar aplikasi di server berubah dari versi Trial ke versi Full, sila transfer donasi sebesar Rp 200.000 ke:

Mawan Agus Nugroho
BCA: 868-0164-348

Lisensi berlaku seumur hidup.

Kirim bukti pembayaran ke email mawan911 at gmail dot com dan nomor WA yang bisa dihubungi.
Tulisan juga “Full site name” dari Moodle yang ingin didaftarkan.
Full site name ini bisa diketahui dari menu Moodle: Site administration > Front page > Front page settings

Aplikasi di sisi server tidak membutuhan PHP. Artinya, bila bapak/ibu memakai 2 server (misalkan server A untuk database dan server B untuk web server, PHP, dan Moodle) maka aplikasi ini bisa dipasang di server A atau pun di server B. Yang penting adalah aplikasi ini bisa membaca file config.php milik Moodle.

Yang harus diunduh dan dipasang:

Catatan:
Bila sekolah bapak/ibu ingin menerapkan CBT berbasis Moodle, saya siap memberi konsultasi dan bimbingan.

Web Hosting

Leave a Reply